Sportourism - Libur Akhir Tahun? Ke Tanjung Lesung Saja

SPORTOURISM - Masih bingung mau menghabiskan libur akhir tahun? Kenapa tidak coba Tanjung Lesung? Paket aktivitas seru yang ditawarkan salah satu destinasi prioritas Kemenpar itu sangat banyak.  Ada wisata pulau, trekking, shopping, short course, adventure & sport, art & culture serta agrowisata. Semuanya seru.

 

"Silahkan ke Tanjung Lesung. Ada banyak pilihan wisata yang world class di Tanjung Lesung," tutur GM Tanjung Lesung Resort Widi Widiasmanto, Minggu (25/12).

 

Rupanya, tak hanya Christmas Package dan Tanjung Lesung New Year Eve Celebration 2016 yang disiapkan Tanjung Lesung Resort. Sejumlah paket menarik lainnya juga ikut ditawarkan.

 

 

Wisata pulaunya? Sangat keren. Setidaknya ada empat pulau di dekat Tanjung Lesung yang menyimpan panorama yang sangat aduhai. Liwungan misalnya. Kesan pertama yang terasa pastilah Banten rasa Bali.   Pulaunya masih kosong. Keindahan panorama bawah lautnya jangan ditanya lagi. Kalau tak percaya, silahkan snorkling dan buktikan sendiri. Pulau ini digadang-gadang sebagai the most beautiful beach at the island of Java. Sangat pas untuk dilambungkan menjadi destinasi wisata kelas dunia.

 

Setelah itu, ada Pulau Peucang di Taman Nasional Ujung Kulon. Pulau ini masuk ke dalam salah satu situs warisan dunia yang diberikan UNESCO.

 

Pulau Panaitan di Taman Nadional Ujung Kulon punya cerita lain lagi. Alam di pulau ini masih alami dan cukup terjaga, bahkan banyak binatang asli yang ada di pulau ini seperti rusa, monyet, macan tutul.. Panaitan juga terkenal dengan ombaknya yang selalu ada. Kawasan ini dianggap surga untuk para peselancar.

 

Satunya lagi Pulau Krakatau. Pulau ini sudah ditetapkan sebagai Cagar Alam. Pada 1991, Unesco mengakui Kepulauan Krakatau sebagai warisan alam dunia.

 

Alam dan laut di sekitar kepulauan itu  menyimpan sejuta pesona. Tidak kurang dari 50 spesies ikan dan terumbu karang yang belum terjamah ada di kasawan ini. Ini, menjanjikan pengalaman tersendiri bagi wisatawan penggemar snorkling. Selain gususan Kepulauan Krakatau, wisatawan juga bisa singgah di pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya. Ada puluhan pulau di sekitarnya. Antara lain Pulau Sebuku Kecil, Pulau Sebuku Besar, Pulau Sebesi, Pulau Umang-umang, dan Pulau Legundi. Hampir seluruh pulau memiliki pemandangan yang indah, pantai pasir putih, serta air laut yang jernih.

 

Bagaimana kalau tak suka wisata pulau? Jangan buru-buru putus asa dulu. Karena selain wisata pulau, ada Trekking yang bisa dinikmati. Sensasi menyusuri jalan tanpa transportasi sambil menikmati keindahan alam bisa dengan mudah dilakoni di Tanjung Lesung. "Selain itu ada juga hike the waterfall, Baduy Village, Baduy Village Overnight, Fun The Forrest, Mount Pulisari dan Monkey Forrest & Mangrove Park," tutur Widi.

 

Yang hobi kuliner, silahkan jajal paket Traditional Shopping. Anda bisa mencicipi makanan tradisional khas Banten atau membeli seafood segar di Tempat Pelelangan Ikan Citeureup. Hanya dengan kocek Rp 500 ribu, Anda sudah bisa mendapat shuttle bus ber-AC, tour guide, tax & service, serta makanan dan minuman aegar.

 

Yang hobi foto? Ada Photography Lesson by Professional Photografer yang bisa dinikmati. Dari mulai hijaunya hamparan sawah, panorama laut hingga merekam aktivitas nelayan, semua bisa dijajal dengan bimbingan fotografer profesional.

 

Yang suka petualangan? Silahkan jajal  Adventure & Sport. Dijamin Anda tidak akan menyesal. Tengok saja suksesnya sejumlah even besar di tempat ini. Dari mulai Tanjung Lesung Bike Four Cross, Race on The Paradise, Balap Bagan Pertama di dunia hingga Mission X Trans TV, semuanya sukses digelar di Tanjung Lesung. "Ada Bike Challenge, Fishing at Bagan Fishery Platform, Off Road Adventure, Bike to the Forrest, Pasir Gundul Adventure, Batu Hideung Snorkling Adventure, Dive to The Treasure hingga ATV Adventure," ungkapnya.

 

Yang suka seni budaya, ada paket art & culture yang bisa dinikmati. Selain budaya Banten, pengunjung bisa menikmati berbagai macam aktivitas seperti membuat batik, bermain jukung, sampai membuat cinderamata. "Ada juga paket agrowisata. Yang suka salak Tanjung Lesung, silahkan cicipi paket Tanjung Lesung Zalecca Farm. Ada juga Paddy Fun. Di sini pengunjung bisa mengeksplor hijaunya persawahan dan membuat topi serta sewa kostum  untuk berfoto. Silahkan jajal dan eksplor Tanjung Lesung," ujar pria yang berdomisili di Sentul, Bogor itu.